Rabu, 23 April 2014

Manfaat Jeruk nipis

Kandungan Dan Manfaat Jeruk Nipis
manfaat jeruk nipis

Yang membuat jeruk nipis sangat bermanfaat adalah kandungan yang dimilikinya. Jika ibu biasa mengambil manfaat jeruk nipis untuk membuat masakan, sebagai penyedap, penyegar minuman, pembuat asam sitrat serta menghilangkan karat di logamataupun sebagai campuran jamu. Maka lengkapi pemanfaatan jeruk nipis sebagai bahan herbal yang sangat baik untuk obat batuk, diuretik (peluruh kencing), mukolitik (peluruh dahak), menghancurkan sumbatan energi vital, melancarkan pencernaan dan sebagai peluruh keringat.

Yang membuat jeruk nipis begitu kaya manfaat adalah kandungan berupa linalool, flavanoid, hesperidine, poncirin, limonene, naringin serta rhoifolin. Sedangkan untuk buah jeruk nipisnya yang sudah matang, maka kandungan yang dimilikinya antara lain fosfor, kalsium, vitamin A – B1 dan C, zat besi, asam sitrat, N-methyltyramine dan synephrine. Khusus untuk asam sitrat, manfaatnya sangat bisa dirasakan oleh orang yang baru saja menjalani operasi batu ginjal.

Bagaimana Cara Mengambil Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Obat Herbal

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengambil manfaat jeruk nipis dalam proses pengobatan, yang disesuaikan dengan jenis penyakit yang ingin diobati :

1. Amandel

Bagi penderita amandel, segera atasi penyakit tersebut dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya, ambil jeruk nipis sebanyak 3 buah dan ambil kulit luarnya. Cuci dan potong menjadi bagian yang agak kecil. Sesudah itu, rebus kulit jeruk tersebut dengan 2 gelas air, sampai airnya tersisa 3/4-nya saja. Saring air rebusan tersebut, lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan cara tersebut sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari, maka amandel yang diderita akan segera sembuh dan teratasi.

2. Ambeien

Penyakit yang biasa disebut wasir ini pun bisa diobati dengan jeruk nipis. Caranya, ambil akar pohon jeruk nipis kira kira sebanyak 10 gr, lalu cuci hingga bersih. Rebus akar tersebut dalam 1 liter air. Biarkan selama setengah jam, lalu saring untuk mengambil airnya saja. Tunggu beberapa menit hingga air menjadi hangat, lalu gunakan untuk berkumul sebanyak 3 kali dalm sehari.

3. Anyang Anyangan

Ambil dua bua jeruk nipis, lalu peras dan pisahkan air perasannya. Tambahkan 1 gelas air panas dan gula batu secukupnya, aduk hingga lumer dan tercampur semuanya. Jika sudah hangat, gunakan cairan tersebut untuk diminum sampai habis. Lakukan hal ini satu kali dalam sehari hingga sakit anyang anyangan yang Anda alami hilang dan sembuh.

4. Batuk

Untuk mengatasi batuk, ambil air perasan jeruk nipis secukupnya, kemudian campurkan dengan madu sebanyak satu sendok makan, dan garam secukupnya. Aduk hingga merata, kemudian saring. Minumlah ramuan ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari, hingga batuk sembuh dan reda.

5. Bau Badan

Ini adalah masalah kesehatan yang sangat krusial, karena mengganggu orang di sekitar yang mencium bau kita. Oleh karena itu, segera atasi masalah bau badan Anda dengan memanfaatkan jeruk nipis. Caranya, ambil 1 buah jeruk nipis dan potong dua. Lalu taburkan kapur sirih secara tipis ke bagian irisan jeruk. Olehkan ke ketiak sehabis mandi dan biarkan kurang lebih 5 menit, lalu bersihkan. Lakukan cara ini setiap pagi hari dan sore hari, maka bau badan Anda lambat laun akan teratasi.

http://frackasyster.blogspot.com/2014/01/mengenal-berbagai-manfaat-jeruk-nipis.html


www.myland59.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar