Kamis, 06 Januari 2011

ANEKDOT

ANEKDOT AHLI NAHWU
(GRAMMAR BAHASA ARAB)

SEORANG ahli nahwu (grammar bahasa Arab) berpesan kepada anaknya, "Jika kamu ingin mengatakan sesuatu, maka timbanglah dengan akalmu dan pikirkanlah masak masak. supaya kamu bisa mengungkapkannya dengan kalimat yang benar. Kemudian barulah kamu ucapkan kalimatmu dengan benar!" Suatu ketika mereka berdua (si ayah yang ahli nahwu dan anaknya) duduk-duduk santai di suatu musim dingin dan di depan mereka ada api pemanas ruangan yang sedang menyala.

Tiba-tiba ada percikan api mengenai jubah si ayah dan ia tidak melihatnya. Si anak yang melihat api tersebut diam sesaat dan berpikir sejenak, kemudian ia berkata, "Wahai ayah, Aku ingin mengatakan sesuatu pada ayah, apakah ayah mengijinkan?" Si ayah menjawab, "Jika yang kamu katakan benar maka ucapkanlah!" Si anak berkata, "Aku rasa yang aku akan kuucapkan adalah benar." Si ayah berkata, "Katakanlah!" Si anak berkata, "Aku melihat sesuatu berwama merah di atas jubahmu." Si ayah bertanya, "Apakah Itu?" Si anak berkata, “ Ada bola api jatuh di atas jubah ayah." Si ayah langsung melihat jubahnya dan ia mendapatkan sebagian besar dari jubahnya telah terbakar. "Mengapa kamu tidak segera memberi tahu aku?" kata si ayah dengan gusar. Si anak menjawab, ”Aku pikirkan. terlebih dahulu apa yang akan kuucapkan sebagaimana ayah perintahkan padaku. Lalu aku susun kata-kataku dengan benar dan kemudian baru aku utarakan.” Si ayah membentak anaknya,”Jangan sekali-kali kamu berkata dengan menggunakan nahwu ( grammar ).”

Dari: 101 Kisah Teladan


www.myland59.blogspot.com

1 komentar:

  1. Kisah yang lucu dan menarik May. mengajarkan kita tentang segala informasi itu jangan hanya main telan saja.he..he..he..

    BalasHapus